Senin, 13 Mei 2013

jangan bunuh alam ini



JANGAN BUNUH ALAM INI


      Ketika mentari pagi baru menyapa, bencana sudah di depan mata. Di hari pertama tahun 2007, alam seolah-olah kembali menunjukan kemurkaannya kepada bangsa Indonesia. Satu pertanyaan kemudian muncul dosa apa yang telah di lakukan bangsa ini ?

Tak mudah menjelaskan persoalan munculnya bencana yang bertubi-tubi di bumi pertiwi ini. Banyak pihak kemudian menuding masalah pengelolaan sumber daya alam yang tidak di lakukan dengan baik dan benar sebagai penyebab. Namun tokoh dan pakar masalah lingkungan hidup prof, dr. emil salim justru mengatakan hal ini tidak menjadi satu-satunya penyebab.

Ia menyetir bencana alam yang terus menerus ini tak lepas dari perubahan iklim yang tidak hanya terjadi pada tingkat regional, tetapi juga global. Indonesia menjadi akrab dengan bencana karena di apit oleh lautan hindia dan pasifik, serta berada di khatulistiwa dan kawasan cincin api, maka tidak mengherankan jika 83 persen wilayah Indonesia rawan bencana.

Ulah manusia menjadi slah satu penyebab. Pertambahan penduduk yang cukup signifikan mau tidak mau menyebabkan peningkatan pendapat. Kondidi ini pun menuntut pemenuhan kebutuhan akan teknologi yang akhirnya bermuara pada pola pembangunan berbasis penggunaan sumber daya alam.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar