Selasa, 29 Oktober 2013

TUGAS 2 SOFTSKILL SIM 1



PERDAGANGAN ELEKTRONIK  ( e-commerce )


e-commerce merupakan bentuk transaksi secara digital atau dengan kata lain, aktifitas ekonomi digital dapat dilakukan siapa saja melali internet tetapi umumnya e-commerce merujuk pada semua bentuk transaksi komrsial yang menyangkut organisasi dan individu yang di dasarkan pada pemrosesan transmisi data yang digitalisasikan termasuk teks, suara dan gambar. Termasuk juga pengaruh bahwa pertukaran informasi komersial secara elektronik yang mungkin terjadi antara institusi pendukungnya dan aktivitas komersial pemerintah. Ini termasuk anatara lain manajemen organisasi, negosiasi dan kontrak komersial, legal dan kerangka regulasi, penyusunan perjanjian keuangan, dan pajak satu sama lain.

Perdagangan elektronik atau e-dagang (e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.
E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.
Perantara elektronik untuk interaksi jual beli barang/ jasa secara online dari perusahaan kepada konsumen

Pembayaran dengan menggunakan kartu kredit, yang mana sebelumnya nomornya disimpan pada hardisk pelanggan dalam bentuk encrypt
Pembayaran dengan berbentuk cek, yang nilai dan nomor ceknya diketik oleh custommer, dan tanda tangannya ditulis dengan sandi rahasia kemudian dikirim secara elektronik kepada penjual (merchant).
Pembayaran dengan mengetikkan sebuah nomor yang unik yang diisukan oleh sebuah bank, dimana nomor tersebut merepresentasikan sejumlah nilai tukar.

E-Commerce melibatkan banyak aktivitas, unit-unit organisasional, dan banyak teknologi, sehingga dibutuhkan suatu kerangka (Framework) yang menggambarkan komponen-komponennya.

transaksi elektronik yang pernah saya lakukan adalah saat  membayar rekening Listrik, dan saya melakukan transaksi melalui toko online di internet membeli sepatu .

manfaat dari transaksi rekening listrik  adalah untuk menghidupkan listrik selama sebulan mendatang atau lebih . Manfaat dari membeli sepatu di toko online internet adalah kita tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk memilih sepatu yang kita inginkan dan kita bisa mencari lebih banyak sepatu di toko online internet.

Dan manfaat lainnya adalah : Menghemat biaya pemasaran, biaya operasional, modal awal, ongkos distribusi barang, Layanan konsumen yang lebih baik, Negosiasi (harga, pengantaran barang, dan spesifikasi produk)
Masyarakat yang mengakses E-Commerce dan memanfaatkan-nya sebagai sumber informasi bisnis dan jasa serta melakukan transaksi pembelian
kendala yang sering terjadi pada saat transaksi rekening listrik adalah antrean dan sistem pembayarannya terkadang error.

kendala jika kita membeli sepatu di toko online adalah kita tidak tahu bahan sepatu tersebut sistem pengiriman yang lumayan lama , sistem pembayaran yang lumayan ribet, dan pemesanan yang juga lumayan ribet.  Dan hati-hati penipuan di toko online .

Banyak service yang dibutuhkan dalam E-commerce, mulai dari kejelasan isi web, pembayaran sampai pengiriman barang.
Untuk menciptakan sebuah aplikasi E-commerce, perusahaan memerlukan informasi yang tepat, infrastruktur dan support service

Tidak ada komentar:

Posting Komentar