PERDAGANGAN
ELEKTRONIK ( e-commerce )
e-commerce merupakan
bentuk transaksi secara digital atau dengan kata lain, aktifitas ekonomi
digital dapat dilakukan siapa saja melali internet tetapi umumnya e-commerce
merujuk pada semua bentuk transaksi komrsial yang menyangkut organisasi dan
individu yang di dasarkan pada pemrosesan transmisi data yang digitalisasikan
termasuk teks, suara dan gambar. Termasuk juga pengaruh bahwa pertukaran
informasi komersial secara elektronik yang mungkin terjadi antara institusi
pendukungnya dan aktivitas komersial pemerintah. Ini termasuk anatara lain
manajemen organisasi, negosiasi dan kontrak komersial, legal dan kerangka
regulasi, penyusunan perjanjian keuangan, dan pajak satu sama lain.
Perdagangan elektronik atau e-dagang (e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.
E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.
Perantara elektronik untuk interaksi jual beli barang/ jasa
secara online dari perusahaan kepada konsumen
Pembayaran dengan menggunakan kartu kredit, yang mana
sebelumnya nomornya disimpan pada hardisk pelanggan dalam bentuk encrypt
Pembayaran dengan berbentuk cek, yang nilai dan nomor ceknya
diketik oleh custommer, dan tanda tangannya ditulis dengan sandi rahasia
kemudian dikirim secara elektronik kepada penjual (merchant).
Pembayaran dengan mengetikkan sebuah nomor yang unik yang
diisukan oleh sebuah bank, dimana nomor tersebut merepresentasikan sejumlah
nilai tukar.
E-Commerce melibatkan banyak aktivitas, unit-unit
organisasional, dan banyak teknologi, sehingga dibutuhkan suatu kerangka (Framework)
yang menggambarkan komponen-komponennya.
transaksi elektronik
yang pernah saya lakukan adalah saat membayar rekening Listrik, dan saya melakukan
transaksi melalui toko online di internet membeli sepatu .
manfaat dari
transaksi rekening listrik adalah untuk menghidupkan listrik selama
sebulan mendatang atau lebih . Manfaat dari membeli sepatu di toko online
internet adalah kita tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk memilih sepatu
yang kita inginkan dan kita bisa mencari lebih banyak sepatu di toko online
internet.
Dan manfaat lainnya adalah : Menghemat biaya pemasaran,
biaya operasional, modal awal, ongkos distribusi barang, Layanan konsumen yang
lebih baik, Negosiasi (harga, pengantaran barang, dan spesifikasi produk)
Masyarakat yang mengakses E-Commerce
dan memanfaatkan-nya sebagai sumber informasi bisnis dan jasa serta melakukan
transaksi pembelian
kendala yang sering
terjadi pada saat transaksi rekening listrik adalah antrean dan sistem
pembayarannya terkadang error.
kendala jika kita
membeli sepatu di toko online adalah kita tidak tahu bahan sepatu tersebut
sistem pengiriman yang lumayan lama , sistem pembayaran yang lumayan ribet, dan
pemesanan yang juga lumayan ribet. Dan hati-hati penipuan di toko online
.
Banyak service yang dibutuhkan dalam E-commerce, mulai dari
kejelasan isi web, pembayaran sampai pengiriman barang.
Untuk menciptakan sebuah aplikasi E-commerce, perusahaan
memerlukan informasi yang tepat, infrastruktur dan support service
Tidak ada komentar:
Posting Komentar